Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bireuen melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar sosialisasi pendidikan politik bagi pengurus partai politik perempuan dan calon legislatif (caleg) perempuan dalam Pemilu 2024.

Bireuen – detikperistiwa.co.id

Sosialisasi tersebut digelar Aula Wisma Bireuen Jaya, Rabu (18/9/2024), dan mengusung tema “Peran Serta Perempuan Dalam Menyongsong Pemilu Dalam Tahun 2024 di Kabupaten Bireuen.

Pemerintah Bireuen, Pj Bupati Bireuen Jalaluddin SH MM diwakili Plt Asisten lll Setdakab Bireuen Azhari S.Sos dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pilkada serentak tidak lsma lagi akan dilaksanakan

“Peran Perempuan dalam politik selama ini kurang diperhatikan sebagai warga negara yang baik, tentunya ini merupakan kesempatan bagi kita semua untuk menggunakan hak pilih, begitu juga hak untuk dipilih, sebagaimana telah diatur dalam undang-undang,” katanya.

Lebih lanjut, jelasnya, melalui keterlibatan aktif dalam parlemen dengan menjadi anggota legislatif, merupakan hak sebagai warga negara untuk dipilih. tidak hanya bagi laki-laki, namun tentunya juga merupakan hak bagi Perempuan.

“Keterwakilan perempuan dalam politik merupakan mutlak diperlukan,”

Oleh karena itu,keterwakilan perempuan merupakan hal harus diperhatikan perempuan Indonesia tidak lagi terkurung yang selama ini perempuan hanya dijadikan untuk mengurus rumah tangga dan dapur ” ujarnya

“Oleh karenanya,pendidikan dan pemahaman yang benar melalui pendidikan politik serta sosialisasi terutama bagi pengurus partai menjadi penting dilaksanakan,”

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Bireuen, Plt kesbangpol Bireuen Mulyadi SH MM diwakili Analis Bidang Politik Sosial Budaya kesbangpol Nurhayati SE dalam laporannya menyampaikan bahwa sosialisasi tersebut diikuti 90 peserta dari kaum perempuan, baik bakal caleg maupun yang menjadi pengurus partai politik.

“Ada pun yang menjadi narasumber dalam sosialisasi tersebut yaitu Dra.Zahara,M.Pd,dari unsur Akademisi,Yoan Ayu pebriah,SKM.,MKM dari unsur Pemkab Bireuen,” ucapnya.

Nurhayati menyebutkan, kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan partisipasi perempuan dalam dunia politik

Menurut amatan media peserta yang hadir hanya sekitaran 60 orang peserta yang mengikuti acara sosialisasi tersebut.

War.N

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://detikperistiwa.co.id/wp-content/uploads/2024/03/IMG-20240311-WA0045.jpg