Pastikan Pelayanan SPKT dan Pamapta Berjalan Lancar, Kapolres Jembrana Cek Kesiapan Personel

Jembrana | detikperistiwa..co.id

Guna memastikan pengoptimalan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, Kapolres Jembrana AKBP Kadek Cita Dewi Suparwati, S.H., S.I.K., M.I.K., melakukan pengecekan langsung terhadap kesiapan personel dan sarana prasarana pada Satuan Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Jembrana, pada Rabu, (22/10/2025).

 

SPKT merupakan garda terdepan Polres Jembrana dalam memberikan berbagai layanan kepada masyarakat, seperti penerbitan SIM, SKCK, Sidik Jari, BPKB, serta penerimaan laporan pengaduan, kehilangan barang, maupun permohonan bantuan kepolisian. Seluruh pelayanan dilakukan dengan prinsip profesional, humanis, dan transparan, sejalan dengan semangat Polri Presisi (Prediktif, Responsibilitas, dan Transparansi Berkeadilan).

 

Dalam kegiatan tersebut, Kapolres meninjau langsung ruang pelayanan SPKT, memeriksa kesiapan petugas, serta memastikan kelancaran pengoperasian berbagai aplikasi pendukung pelayanan digital seperti 110, DORS, dan Jagra Dewata. Pemeriksaan juga dilakukan pada ruang Kepala SPKT dan Pamapta, termasuk kendaraan operasional piket fungsi, sebagai bentuk kesiapsiagaan Polres Jembrana dalam memberikan pelayanan cepat dan tanggap terhadap laporan masyarakat.

 

Kegiatan ini sekaligus menjadi momentum pelaksanaan launching penyesuaian nomenklatur jabatan dari Kanit menjadi Pamapta pada SPKT Polresta dan Polres di seluruh Indonesia, berdasarkan Keputusan Kapolri Nomor: Kep/1438/IX/2025 tanggal 24 September 2025.

 

Kapolres Jembrana menjelaskan bahwa perubahan nomenklatur ini merupakan bagian dari upaya Polri dalam memperkuat struktur pelayanan agar lebih adaptif dan modern.

 

“Penyesuaian nomenklatur ini bukan hanya perubahan jabatan semata, tetapi merupakan langkah strategis untuk meningkatkan efektivitas dan profesionalisme pelayanan kepolisian kepada masyarakat,” ujar AKBP Kadek Cita Dewi Suparwati.

 

Ia juga menegaskan bahwa Polres Jembrana akan terus menjaga komitmen dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan semangat cepat, tepat, dan responsif.

 

“Kami ingin memastikan seluruh jajaran siap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Pelayanan publik adalah wajah Polri, sehingga harus dijaga agar selalu profesional, humanis, dan transparan,” imbuhnya.

 

 

Sby